Jus Kubis Meningkatkan Antibodi - Tips Kebun Rumahan

Selasa, 31 Oktober 2017

Jus Kubis Meningkatkan Antibodi


Jumpa lagi sobat, kali ini saya akan menulis artikel tentang jus kubis atau kol. Kubis atau kol yang sering kita gunakan untuk sayuran ternyata banyak mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Bahkan dengan dibuat jus kubis bisa meningkatkan antibodi di dalam tubuh. Bahkan untuk khasiatnya juga sama dengan brokoli,  kubis mengandung vitamin C dan mempunyai efek anti kangker. Bagi sobat yang hobi berkebun bisa juga tanam kubis sendiri, jangan kawatir bagi sobat yang tinggal didataran rendah juga bisa menanam kubis karena tersedia juga benih kubis untuk dataran rendah.
Kubis (Brassica oleracea L) merupakan tanaman semusim atau dua musim dan termasuk dalam famili Brassicaceae. Bentuk daunnya bulat telur sampai lonjong dan lebar seperti kipas. Sistem perakaran kubis agak dangkal, akar tunggangnya segera bercabang dan memiliki banyak akar serabut. Kubis mengandung protein, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2 dan Niacin. Kandungan protein pada kubis putih lebih rendah dibandingkan pada kubis bunga, namun kandungan vitamin A-nya lebih tinggi dibandingkan dengan kubis bunga.
Kol atau kubis memiliki senyawa goitrogenik yaitu zat yang merangsang pembengkan kelenjar gondok. Kadar goitrogenik pada kol merah lebih banyak. Jika anda menderita gondok atau kurang mengonsumsi ikan laut yang merupakan sumber utama iodium, hindari makan kol merah mentah.
Dilansir dari buku berjudul terapi jus buah dan sayur karya itha kusuma wijayanti ternyata jus kubis atau kol banyak sekali manfaatnya sobat diantaranya adalah:
1.      Kol atau kobis merupakan analgesik ringan yaitu dengan membantu meredakan rasa sakit.
2.      Kubis ternyata juga berfungsi sebagai anti radang
3.      Dengan sering mengonsumsi jus kubis dapat meningkatkan antibody sehingga daya tahan tubuh akan meningkat.
Ada banyak fariasi dalam pembuatan jus kubus salah satu yang akan dibahas disini adalah jus kubis wortel, untuk cara pembuatanya sangat mudah ya sobat, yuk kita simak langkahnya ya
Bahan bahan yang disiapkan
1.      200 gram kubis
2.      100 gram wortel
3.      100 ml air matang
4.      Es batu
Cara membuat:
1.      Potong kecil-kecil wortel dan kubis biar proses blender jadi mudah
2.      Blender semua bahan tersebut hingga halus ya sobat
3.      Tambahkan es batu sesuai dengan selera ya
4.      Jus kubis siap disajikan

Itulah artikel cara pembuatan jus kubis, ternyata mudah kan sobat, jadi sehat ga harus mahal, share artikel ini apabila bermanfaat ya, atau like fans page kebun rumahan untuk mendapatkan artikel yang menarik, gabung digroup facebook kami dengan nama komunitas kebun rumahan untuk belajar berkebun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here